Tipe Ligan


Ligan paling mudah diklasifikasikan berdasarkan jumlah atom donor yang dikandungnya dan dikenal sebagai unidentat, bidentat, terdentat, kuadridentat kuinkidentat dan seksidentat masing-masing sesuai dengan angka 1, 2, 3, 4, 5 atau 6. Ligan unidentat merupakan ion monoatom seperti ion halida, atau ion/ molekul poliatom yang mengandung atom donor dari Golongan 16, 15 atau 14 (yaitu CN). Ligan bidentat seringkali ligan kelat (dari kata Yunani yang berarti ‘cakar kepiting’) dan dengan ion logam menghasilkan cincin kelat[1] di mana kasus paling umum berlangsungnya ligan bidentat adalah beranggota 5 atau 6, yaitu: lihat Gambar 19.1. Ligan terdentat menghasilkan sistem 2 cincin ketika berkoordinasi dengan ion logam tunggal dan konsekuensinya membatasi struktur kompleks, khususnya kekakuan karena ikatan rangkap-dua terkonjugasi di dalam cincin. Jadi dietilenatriamina [dien (1)] menjadi fleksibel secara stereokimia, sedangkan terpiridin [terpy (2)] hanya dapat berkoordinasi ketika 3 atom donor (nitrogen) dan ion logam berada dalam bidang yang sama.

 

Etilendiamin, en 1,10-fenantrolin, fen
   
s-fenilenbis(dimetilarsina), diar: [1,2-bis(dimetilarsino)benzena] β-diketonat (yaitu R = Me: asetilasetonat, acac)
   
Tropolonat Oksalat
   
Gambar 19.1 Beberapa ligan bidentat

 

 

 

Ligan kuadridentat menghasilkan 3 cincin (dalam beberapa kasus 4 cincin) pada koordinasinya sehingga membatasi stereokimia kompleks yang lebih besar karena pemilihan ligan yang sesuai. Ligan rantai terbuka trietilentetramin [trien (3)] menjadi fleksibel seperti dien, sedangkan trietilamintriamin [tren], yaitu N(CH2CH2NH2)3, adalah salah satu ligan yang disebut ligan “tripod” di mana tidak menghasilkan koordinasi datar tetapi lebih menyukai struktur segitiga bipiramida (4). Sebaliknya, ftalosianin[2] (5) terkonjugasi merupakan contoh kelompok ligan makrosiklik eter mahkota yang memaksa kompleks mengadopsi struktur datar dan membuktikan porpirin alami terlibat dalam haem, B12, dan klorofil. Ligan lain yang digunakan untuk sitesis molekul pembawa oksigen adalah bis(salisilaldehid)etilendiimina [salen (6)]. Contoh ligan kuinkidentat dan seksidentat yang paling terkenal adalah anion turunan asam etilendiamintetraasetat, edtaH4 yaitu (HO2CCH2)2N(CH2)2(CH2CO2H)2, memiliki kemampuan luas biasa dalam analisis volumetrik ion logam. Ketika terionisasi sempurna, edta4-, ia memiliki atom donor berupa 4 oksigen dan 2 nitrogen dan memiliki fleksibilitas untuk membungkus dirinya di sekitar ion logam untuk menghasilkan kompleks pseudo-oktahedral yang melibatkan cincin beranggota 5 sebagaimana dalam (7).

 

 

 

Ketika terionisasi tidak sempurna, edtaH3-, satu atom oksigennya tidak mampu berkoordinasi dengan logam dan anionnya adalah kuinkidentat.

Ligan ambidentat memiliki lebih dari satu atom donor dan dapat berkoordinasi melalui satu atau lainnya. Ini menyebabkan kemungkinan isomer “linkage”. Contoh paling umum adalah ion NO2 dan SCN. Ligan seperti itu juga dapat berkoordinasi melalui kedua tempat donor secara terus-menerus, dengan cara demikian bertindak sebagai ligan jembatan.

Cara mengklasifikasikan ligan dalam senyawa organologam berdasarkan jumlah atom C yang melekat pada (atau yang dekat hubungannya dengan) atom logam. Kriteria struktural ini dapat diperoleh berdasarkan beberapa teknik dan lebih pasti daripada berdasarkan pada asumsi jumlah elektron yang terlibat dalam ikatan. Jumlah atom karbon yang melekat disebut haptisitas golongan organik (berasal dari kata Yunani haptein, yang berarti ‘mengikat’) dan haptisitas dari 1 sampai 8 telah terobservasi. Golongan monohapto dikhususkan sebagai η1, dihapto sebagai η2, dan sebagainya. Klasifikasi ini akan membentuk basis pembahasan senyawa organologam.

[1] C. F. Bell, Principles and Applications of Metal Chelation, Oxford University Press, Oxford, 1977, hal. 147.

[2] C. C. Leznof dan A. B. P. Lever (ed.), Phthalocyanines, Properties and Applications, V. C. H., Weinheim, 1990, hal. 336.

2 Tanggapan to “Tipe Ligan”

  1. Assalamu ‘alaikum. Iseng-iseng surfing, ketemu blog ini. Isinya bagus dan ilmiah. Tukar blog juga ya, ini blog saya: nafirizaman.blogspot.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: