Grup Titik


Pendahuluan

Dalam derajat tertentu grup titik merupakan grup simetri suatu objek seperti atom atau molekul. (Kisi tak-terbatas yang terjadi dalam teori padatan kristal memiliki simetri translasi sebagai tambahan). Kekhususan grup titik untuk molekul yang sesuai menetapkan kesempurnaan simetrinya.

Terdapat berbagai tipe simetri yang dapat diperlihatkan suatu molekul. Hanya operasi molekul asimetri seperti morfin yang merupakan identitas: grup simetri metana; molekul bersimetri tinggi ini mengandung empatbelas operasi.

Bab ini membahas berbagai simetri yang terobservasi dalam molekul. Pertama, menetapkan dan mengilustrasikan tipe operasi yang berbeda. Pertimbangan penggabungan yang sesuai dari unsur simetri menyebabkan terhimpunnya grup titik yang umum.

Aksis Rotasi: Cn

Suatu molekul memiliki aksis rotasi derajat n atau aksis rotasi n-kali jika rotasi ke-1/n sepenuhnya merupakan suatu operasi. Jika n = 2, rotasi adalah setengahnya atau 1800, sebagaimana dalam kasus aksis C2 molekul air. Simbol Cn menandakan aksis n-kali.

Aksis rotasi merupakan sebagian besar operasi simetri molekul. Aksis satu-kali merupakan rotasi penuh yang ekuivalen dengan identitas. Aksis rotasi dua-kali, (sebagaimana dalam contoh molekul air) kadang-kadang disebut dyad. Siklopropana memiliki aksis tiga-kali yang tegak-lurus terhadap bidang yang mengandung atom karbon; ia juga memiliki tiga aksis dua-kali. Dapatkah Anda memvisualisasikannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: