Tabel Periodik (Ringkasan)


Pada abad kesembilan belas kimiawan mengembangkan tabel periodik berdasarkan susunan unsur dalam keteraturan peningkatan massa atomnya. Ketidaksesuaian dalam versi awal tabel periodik diselesaikan berdasarkan susunan unsur dalam keteraturan nomor atomnya.

Konfigurasi elektron menentukan sifat unsur. Tabel periodik modern mengklasifikasikan unsur berdasarkan nomor atomnya, dan juga berdasarkan konfigurasi elektronnya. Konfigurasi elektron valensi secara langsung mempengaruhi sifat atom dari unsur-unsur utama.

Variasi periodik dalam sifat fisik unsur mencerminkan perbedaan dalam struktur atom. Karakter logam unsur berkurang dalam satu perioda dari logam melalui semilogam sampai nonlogam dan meningkat dari atas ke bawah di dalam golongan tertentu unsur-unsur utama.

Jejari atom bervariasi secara periodik dengan susunan unsur dalam tabel periodik. Ia berkurang dari kiri ke kanan dan bertambah dari atas ke bawah.

Energi ionisasi adalah ukuran kecenderungan atom untuk menahan pelepasan elektron. Energi ionisasi tinggi ketika tarik-menarik lebih kuat antara inti dan elektron. Afinitas elektron adalah ukuran kecenderungan atom untuk memperoleh elektron. Afinitas elektron lebih positif ketika kecenderungan utama atom untuk memperoleh elektron. Logam-logam biasanya memiliki energi ionisasi rendah, dan nonlogam biasanya memiliki afinitas elektron tinggi.

Gas-gas mulia sangat stabil karena subkulit terluar ns dan np terisi-penuh. Logam-logam di antara unsur-unsur utama (dalam Golongan 1A, 2A, dan 3A) cenderung melepaskan elektron sampai kationnya menjadi isoelektronik dengan gas mulia sebelumnya dalam tabel periodik. Nonlogam dalam Golongan 5A, 6A, dan 7A cenderung menerima elektron sampai anionnya menjadi isoelektronik dengan gas mulia yang diikutinya dalam tabel periodik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: