Stoikiometri (Ringkasan)


Massa atom diukur dalam satuan massa atom (sma), satuan relatif berdasarkan nilai yang tepat 12 untuk isotop C-12. Massa atom untuk atom-atom suatu unsur tertentu merupakan rata-rata distribusi isotop unsur di alam. Massa dari suatu molekul merupakan jumlah massa atom dari atom-atom suatu molekul. Massa atom dan massa molekul secara akurat ditentukan dengan spektrometer massa.

Satu mol merupakan bilangan Avogadro (6.022 x 1023) untuk atom, molekul, atau partikel lainnya. Massa molar (dalam gram) unsur atau senyawa secara numerik setara dengan massanya dalam satuan massa atom (sma) dan mengandung bilangan Avogadro atom-atom (dalam hal ini unsur), molekul (dalam hal ini zat molekuler), atau satuan rumus paling sederhana (dalam hal ini senyawa ion).

Komposisi persen berdasar massa senyawa merupakan persen berdasar massa setiap unsur yang ada. Jika mengetahui komposisi persen berdasarkan massa suatu senyawa, kita dapat menentukan rumus empiris senyawa dan juga rumus molekul senyawa jika massa molar diketahui.

Perubahan kimia (disebut reaksi kimia) direpresentasikan oleh persamaan kimia. Zat yang akan diubah—reaktan—dituliskan pada sisi kiri dan zat yang akan dibentuk—produk—muncul pada sisi kanan tanda panah. Persamaan kimia harus disetarakan, disesuaikan dengan hukum konservasi massa. Jumlah atom setiap unsur dalam reaktan harus setara dengan jumlah atom di dalam produk.

Stoikiometri merupakan studi kuantitatif mengenai produk dan reaktan dalam reaksi kimia. Perhitungan stoikiometri merupakan langkah terbaik dengan menyatakan kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui dalam istilah mol dan kemudian mengubahnya ke dalam satuan lain yang diperlukan. Pereaksi pembatas merupakan reaktan yang ada dalam jumlah stoikiometri terkecil. Ia membatasi jumlah produk yang dapat dibentuk. Jumlah produk yang diperoleh dalam reaksi (hasil aktual) mungkin kurang dari jumlah maksimum yang mungkin (hasil teoritis). Perbandingan kedua hasil tersebut dikalikan 100 persen yang dinyatakan sebagai persen hasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: