Reaksi dalam Larutan (Ringkasan)


Larutan (akua) merupakan konduktor listrik jika zat terlarutnya elektrolit. Jika zat terlarutnya non-elektrolit maka larutan tidak dapat menghantarkan listrik.

Tiga kategori utama reaksi kimia yang berlangsung dalam larutan (akua) adalah reaksi pengendapan, reaksi asam-basa, dan reaksi oksidasi-reduksi.

Berdasarkan aturan umum tentang kelarutan senyawa ion, kita dapat memprediksi apakah endapan akan terbentuk dalam reaksi.

Asam Arrhenius terionisasi dalam air menghasilkan ion H+ dan basa Arrhenius terionisasi dalam air menghasilkan ion OH. Asam Bronsted mendonorkan proton dan basa Bronsted menerima proton. Reaksi asam dan basa disebut netralisasi.

Dalam reaksi redoks, oksidasi dan reduksi selalu berlangsung beriringan. Oksidasi berkarakter melepas elektron, reduksi menerima elektron. Bilangan oksidasi membantu lintasan distribusi muatan dan diperuntukkan bagi semua atom atau ion dalam senyawa sesuai dengan aturan khusus. Oksidasi didefinisikan sebagai pertambahan bilangan oksidasi; reduksi didefinisikan sebagai pengurangan bilangan oksidasi.

Konsentrasi larutan merupakan jumlah zat terlarut yang ada dalam jumlah larutan. Molaritas menyatakan konsentrasi jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan. Penambahan pelarut kepada larutan, prosesnya dikenal sebagai pengenceran, pengurangan konsentrasi (molaritas) larutan tanpa perubahan jumlah mol zat terlarut yang ada dalam larutan.

Analisis gravimetri merupakan teknik untuk menentukan identitas senyawa dan/atau konsentrasi larutan berdasarkan pengukuran massa. Eksperimen gravimetri sering melibatkan reaksi pengendapan.

Dalam titrasi asam-basa, larutan yang konsentrasinya diketahui (katakanlah, basa) ditambahkan secara teratur kepada larutan yang konsentrasinya tidak diketahui (katakanlah, asam) dengan tujuan menentukan konsentrasi yang tidak diketahui. Titik di mana reaksi dalam titrasi mencapai sempurna disebut titik ekuivalen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: