Metoda Ilmiah (Ringkasan)


Metode ilmiah adalah pendekatan sistematis untuk riset; dimulai dengan pengumpulan informasi melalui observasi dan pengukuran. Dalam prosesnya, tercipta hipotesis, hukum, teori dan kemudian langkah selanjutnya dilakukan pengujian.

 

Kimiawan mempelajari susunan materi dan zat. Berdasarkan prinsipnya, semua zat berada dalam tiga keadaan (wujud): padat, cair, dan gas. Perubahan di antara tiga keadaan tersebut dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu.

 

Zat paling sederhana dalam kimia adalah unsur. Suatu senyawa terbentuk dari penggabungan atom dari unsur berbeda. Zat memiliki sifat fisika yang terobservasi tanpa perubahan identitas zat tersebut dan sifat kimia yang mengalami perubahan identitas zatnya.

 

Satuan SI digunakan untuk menyatakan besaran fisika, termasuk kimia. Bilangannya dinyatakan dalam notasi ilmiah dengan bentuk N ´ 10n, di mana N antara 1 dan 10 dan n adalah integer positif atau negatif. Notasi ilmiah membantu mengatasi kuantitas yang sangat besar atau sangat kecil. Sebagian besar kuantitas adalah tidak eksak dalam derajat tertentu. Jumlah angka signifikan menunjukkan keeksakan pengukuran.

 

Dalam metode analisis-dimensi tentang penyelesaian masalah satuan dikalikan bersama-sama dan dibagi satu sama lain, atau saling menghilangkan seperti besaran aljabar. Dengan memperoleh satuan yang benar dapat memastikan bahwa jawaban akhir hasil perhitungan sudah dilakukan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: