Atom, Molekul, dan Ion (Ringkasan)


Kimia modern dimulai dengan teori atom Dalton yang menyatakan bahwa semua materi tersusun dari bagian terkecil, partikel tidak dapat dibagi yang disebut atom; semua atom dari unsur yang sama adalah identik; senyawa mengandung atom-atom dari unsur berbeda yang bergabung dalam perbandingan sederhana; dan atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan dalam reaksi kimia (hukum konservasi massa).

Atom-atom suatu unsur dalam senyawa selalu bergabung dalam proporsi sama berdasarkan massa (hukum proporsi tetap). Ketika dua unsur dapat bergabung membentuk lebih dari satu jenis senyawa, massa satu unsur bergabung dengan massa-tetap dari unsur lain dalam perbandingan bilangan terkecil (hukum proporsi berganda).

Suatu atom terdiri dari pusat inti rapat yang dibangun oleh proton dan neutron, ditambah elektron yang mengelilingi inti dengan jarak relatif. Proton bermuatan positif, neutron tidak bermuatan, dan elektron bermuatan negatif. Proton dan neutron dapat dikatakan bermassa sama, di mana sekitar 1840 kali lebih besar daripada massa sebuah elektron.

Nomor atom suatu unsur merupakan jumlah proton di dalam inti atom suatu unsur; ia menentukan identitas unsur. Nomor massa merupakan penjumlahan dari jumlah proton dan jumlah neutron di dalam inti. Isotop merupakan atom-atom suatu unsur yang memiliki jumlah proton sama tetapi berbeda jumlah neutron.

Rumus kimia merupakan simbol penyusun unsur dengan angka subskrip yang memperlihatkan tipe dan jumlah atom dalam satuan terkecil senyawa. Rumus molekul memperlihatkan jumlah dan tipe khusus atom yang bergabung dalam setiap molekul suatu senyawa. Rumus empiris memperlihatkan perbandingan paling sederhana dari atom-atom di dalam molekul.

Senyawa kimia salah satunya adalah senyawa molekuler (di mana unit terkecilnya berupa masing-masing molekul terpisah) atau senyawa ionik (di mana ion positif dan negatif diikat bersama oleh antaraksi timbal-balik). Senyawa ion tersusun dari kation dan anion, dibentuk ketika masing-masing atom melepaskan dan menerima elektron.

Nama senyawa anorganik dapat dideduksi dari seperangkat aturan sederhana. Rumus dapat ditulis dari nama senyawa tersebut. Tipe paling sederhana senyawa organik adalah hidrokarbon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: