Unsur-unsur Proposisi


Seperti telah kita ketahui, afirmasi dalam artian keputusan merupakan hal yang sederhana, sedangkan dalam artian proposisi ia terdiri atas berbagai unsur. Terdapat beberapa pendapat mengenai unsur-unsur yang terlibat dalam proposisi. Namun, karena penelaahan mengenai semua pendapat akan memperpanjang diskusi, yang lebih tepat dilakukan pada pembahasan logika, pada kesempatan ini kita akan memaparkan selayang pandang saja.

Sebagian berpendapat bahwa setiap proposisi predikatif (al-qadhiyyah al-hamliyyah) tersusun atas dua unsur: subjek dan predikat. Sebagian lain menambahkan relasi antara subjek dan predikat sebagai unsur ketiga dalam proposisi predikatif. Sedangkan sebagian lain lagi menambahkan keputusan mengenai berlangsung tidaknya hubungan sebagai unsur keempat dalam proposisi.

Sebagian ahli logika membedakan antara proposisi afirmatif dan negatif dengan menyatakan bahwa proposisi negatif tidak menyertakan keputusan, mengingat ia sebenarnya adalah negasi keputusan. Sebagian menolak adanya relasi dalam proposisi eksistensial sederhana (al-haliyyah al-basithah), yakni proposisi yang menegaskan keberadaan subjek di alam luaran, dan dalam predikat primer (al-haml al-awwal), yakni proposisi yang kandungan konseptual subjek dan predikatnya sama, seperti proposisi “Manusia adalah makhluk berakal”.

Tak ayal lagi, tidak ada proposisi logika yang tidak memuat hubungan atau keputusan. Pasalnya, seperti telah saya katakan, penegasan berasal dari keputusan yang memastikan hubungan antara subjek dan predikat dalam proposisi. Akan tetapi, boleh jadi ketentuan yang sama tidak berlaku dalam proposisi-proposisi filsafat dan ontologi.

(Sumber: M. Taqi Mishbah Yazdi. (2003).  Buku Daras Filsafat Islam. Bandung: Mizan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: