Pembagian Pertama Ilmu Pengetahuan


Pembagian pertama pengetahuan ialah: (1) pengetahuan yang secara langsung menukik pada esensi (dzat)[1] objek yang diketahui. Pada pengetahuan ini, keberadaan hakiki dan sejati objek yang diketahui tersebar (secara langsung) pada diri subjek yang mengetahui atau pelaku persepsi; (2) pengetahuan yang eksistensi objek tidak secara langsung tersebar atau tersaksikan oleh subjek, tetapi subjek menangkapnya melalui perantara yang mencerminkan atau menyantirkan (represent) objek. Cerminan dan santiran ini secara teknis disebut sebagai bentuk (form/shurah) atau konsep mental (mental concept atau al-mafhum al-dzihni). Dalam filsafat Islam, jenis pengetahuan pertama disebut dengan “pengetahuan menghadir (presentational knowledge)” atau “pengetahuan dengan kehadiran” (knowledge by presence atau al-‘ilm al-hudhuri) dan yang kedua disebut dengan “pengetahuan tangkapan atau perolehan” (acquired knowledge/al-‘ilm al-hushuli), yakni pengetahuan yang didapat lewat perantaraan atau santiran konseptual.

Pembagian di atas bersifat rasional, menyeluruh, dan eksklusif, oleh karenanya tidak ada jenis ketiga yang dapat diasumsikan di samping kedua jenis tersebut. jadi, tidak bisa tidak, pengetahuan subjek tentang objek pasti melalui santiran atau tidak. Yang melalui santiran disebut dengan “pengetahuan tangkapan” dan yang tidak sebut dengan “pengetahuan dengan kehadiran”. Keberadaan kedua pengetahuan ini memang mesti dijelaskan.

(Sumber: M. Taqi Mishbah Yazdi. (2003).  Buku Daras Filsafat Islam. Bandung: Mizan).


[1] Pada esensinya (dzat) berarti pada sesuatu itu sendiri atau hakikat sesuatu itu sendiri. Istilah ini mesti dibedakan dengan istilah “keapaan” atau kuiditas (quiddity atau mahiyyah) yang merupakan jawaban untuk menjelaskan pertanyaan Aristoteles, “Apakah sesuatu itu?”—penerj. Inggris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: