Gagasan dan Penegasan


Para logikawan membagi pengetahuan menjadi dua: gagasan (idea/ tashawwur) dan penegasan (tashdiq/affirmation). Dengan pembagian ini, para logikawan telah membatasi pengertian umum pengetahuan pada pengetahuan perolehan di satu sisi dan merentangkan artinya hingga mencakup gagasan-gagasan sederhana.

Makna harfiah tashawwur ialah “membentuk citraan” (to form an image) atau “memperoleh bentuk” (to acquire a form). Dalam istilah para logikawan, tashawwur berarti gejala mental sederhana yang melukiskan sesuatu di luar dirinya, seperti gagasan Gunung Semeru dan konsep gunung. Makna harfiah tashdiq ialah “memutuskan benar atau membenarkan” dan “mengakui” (to acknowledge). Dalam peristilahan para filosof dan logikawan, kata itu dipakai untuk dua pengertian yang bermiripan, dan karena itu bisa dianggap taksa:

  1. Proposisi logika yang sederhananya mengandung subjek, predikat, dan keputusan mengenai bersatunya subjek dan predikat dalam suatu proposisi.
  2. Keputusan dan ketetapan itu sendiri, suatu perkara sederhana yang menunjukkan keyakinan pelaku akan bersatunya subjek dan predikat dalam proposisi.

Sebagian logikawan Barat modern menduga bahwa penegasan atau afirmasi (tashdiq) berarti peralihan pikiran dari satu gagasan ke gagasan lain berdasarkan hukum asosiasi. Tentu saja dugaan itu tidak benar, lantaran tidak semua afirmasi menuntut asosiasi dan tidak pula semua asosiasi menuntut afirmasi. Afirmasi dan penegasan berlandaskan pada keputusan dan ketetapan (judgment). Dan itulah yang membedakan proposisi logika dan sejumlah gagasan yang secara berangsur jalin-menjalin dan berjajar dalam pikiran tanpa adanya hubungan antara satu dan lainnya.

(Sumber: M. Taqi Mishbah Yazdi. (2003).  Buku Daras Filsafat Islam. Bandung: Mizan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: