Metafisika


Istilah lain yang dipakai sebagai lawan “ilmu” adalah “metafisika”. Istilah ini sendiri berakar kata dari Yunani, metaphysica. Dengan membuang ta tambahan dan mengubah physica ke fisika (physics) jadilah istilah metafisika. Kata ini di-Arab-kan menjadi ma ba’da al-thabi’ah (sesuatu setelah fisika).

Menurut penuturan para sejarahwan filsafat, kata ini pertama kali digunakan sebagai judul buku Aristoteles setelah bagian fisika dan memuat pembahasan umum tentang eksistensi. Pada era Islam, bagian ini dinamai dengan umur ‘ammah (perkara-perkara umum). Sebagian filosof Muslim merasa lebih cocok menggunakan istilah ma qabla al-thabi’ah (sesuatu sebelum fisika) untuk menamai bagian ini.

Tampaknya, bagian di atas berbeda dengan teologi atau utsulujiyyah. Dalam karya-karya para filosof Muslim, semua pembahasan di atas digabungkan dalam bagian “ketuhanan dalam arti umum”. Sedangkan teologi dikhususkan dengan nama “ketuhanan dalam arti khusus”.

Sebagian mengira bahwa metafisika setara dengan “transphysical” atau sesuatu di luar alam fisik (baca: adialami). Mereka menganggap penggunaan istilah tersebut untuk bagian ini sebagai contoh penggunaan istilah umum untuk sesuatu yang lebih khusus. Pasalnya, pada bagian “ketuhanan dalam arti luas”, terdapat pula pembahasan tentang Tuhan dan hal-hal mujarad (di luar alam fisik). Bagaimana pun, agaknya pengertian pertamalah yang paling tepat.

Walhasil, metafisika dipakai untuk menyebut kumpulan soal-soal teoritis-intelektual filsafat dalam arti umum. Kini, istilah filsafat telah diketatkan pada soal-soal ini, dan salah satu makna baru filsafat adalah “metafisika”. Alasan para positivis mengira soal-soal macam ini sebagai tidak ilmu ialah ketidakmungkinan mereka diverifikasi dengan pengalaman indriawi. Begitu juga Kant menganggap nalar teoritis tidak memadai untuk memverifikasi soal-soal ini dan menyebut mereka sebagai “dialektis” atau bisa diperdebatkan dari dua sudut pandang.

(Sumber: M. Taqi Mishbah Yazdi. (2003).  Buku Daras Filsafat Islam. Bandung: Mizan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: