Karya-karya Ibnu Bajah


Ibnu Bajah memiliki banyak karangan, tetapi sebagian besar di antaranya banyak yang hilang dan hanya sebagian kecil yang sampai ke tangan kami. Menurut al-Qafthi, Ibnu Bajah memiliki banyak karangan di bidang ilmu pasti, logika dan filsafat.[1]

Ibnu Ushaibiah juga menyebutkan bahwa Ibnu Bajah memiliki banyak karangan yang menerangkan tentang buku-buku Aristoteles dan Galenos, serta buku-buku kedokteran dan teknik. Di antara buku-buku yang disebutkan Ibnu Abu Ushaibiah dan berkaitan dengan psikologi adalah buku berjudul Ittishal al-Aql bi al-Insan, Qaulun ‘ala al-Quwwat an-Nuzu’iyyah, Kitab an-Nafs, Kalam fi al-fahsh ‘an an-Nafs an-Nuzu’iyyah.[2]

Sesungguhnya karangan-karangan Ibnu Bajah yang ada di tangan kita berasal dari muridnya, Abu Bakar Hasan Ali bin Abdul Aziz yang popular dengan sebutan Ibnu al-Imam. Dialah orang yang mengumpulkan seluruh buku Ibnu Bajah dalam sebuah jilid tebal yang menjadi sumber penukilan murid-muridnya.[3]

Kami juga mendapatkan buku-bukunya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani. Banyak di antara karangan Ibnu Bajah yang terkenal ternyata tidak lengkap. Tentang hal itu, Ibnu Thufail yang sezaman dengannya berkomentar, “Sebagian besar karangan Ibnu Bajak tidak lengkap dan terpisah dengan bagian akhirnya, semisal bukunya tentang jiwa, Tadbir al-Mutawahhid, dan buku-bukunya di bidang logika dan ilmu alam.”[4]

Banyak di antara karyanya yang ada di tangan kami hanya berupa risalah (catatan singkat) dan komentar pendek, serta banyak di antaranya yang tidak berjudul. Kami akan menyebutkan sebagian dari karangannya yang berkaitan dengan jiwa, yaitu:

  1. Kitab an-Nafs, diterbitkan oleh Muhammad Shaghir Hasan al-Ma’shumi, Percetakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Arabia Damaskus, 1960. Sebelum itu pernah dimuat di majalah yang diterbitkan oleh lembaga yang sama, (2 April 1958).
  2. Risalah al-Wada’, diterbitkan oleh Asin Balatsius di majalah al-Andalus, jilid kedelapan, tahun 1943, halaman 1-87. Risalah tersebut juga dimuat oleh Majid Fakhri di dalam buku Rasail Ibn Bajah al-Ilahiyah, Beirut: Penerbit Dar an-Nahar, 1968.
  3. Tadbir al-Mutawahhid, diterbitkan oleh Asin Balatsiyun di Madrid Granada tahun 1946.[5] Buku ini juga dimuat oleh Umar Farwakh dalam bukunya Ibn Bajah wa al-Falsafah al-Maghribiyah, Beirut: 1952. Majid Fakhri memuatnya di dalam buku Rasail Ibn Bajah al-Ilahiyah. Ibnu Bajah mengumpulkan semua pendapatnya di dalam buku ini, tetapi ia belum menyelesaikannya.
  4. Ittishal al-‘Aql bi al-Insan. Asin memuatnya di majalah al-Andalus volume 7 tahun 1942, halaman 1-47. Kemudian dimuat juga oleh Ahmad Fuad al-Ahwani sebagai lampiran buku Talkhish Kitab an-Nafs li Ibn Rusyd, Kairo: Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyah, 1950, halaman 102-108 dan dimuat pula oleh Majid Fakhri di buku Rasail Ibn Bajah al-Ilahiyah.
  5. Fi al-Ghayah al-Insaniyah, dimuat oleh Majid Fakhri di buku Rasail Ibn Bajah al-Ilahiyah.
  6. Al-Wuquf ‘ala al-‘Aql al-Fa’al, dimuat oleh Majid Fakhri di buku Rasail Ibn Bajah al-Ilahiyah.
  7. Fi al-Fahsh ‘an al-Quwwat an-Nuzu’iyyah, dimuat oleh Abdurrahman Badawi di buku Rasail Falsafiyah li al-Kindi wa al-Farabi wa Ibn Bajah wa Ibn ‘Adi, cetakan III, Beirut: Dar al-Andalus, 1983, halaman 147-156.
  8. Wa min Qaulihi fi al-Quwwat an-Nuzu’iyyah dimuat oleh Abdurrahman Badawi di referensi sebelumnya halaman 157-167. Buku ini juga dimuat oleh Jamaluddin al-Alawi di buku Rasail Falsafiyah li Abi Bakr Ibn Bajah, Beirut: Dar ast-Tsaqafah, 1983, halaman 121-134.
  9. ‘An an-Nafs an-Nuzu’iyyah wa lam Tanza’ wa Bimadza Tanza’, dimuat oleh Jamaluddin al-Alawi di buku Rasail Falsafiyah li Abi Bakr Ibn Bajah, halaman 108-134.
  10. Fi al-Mutaharrik, dimuat oleh Jamaluddin al-Alawi di referensi terdahulu, halaman 135-139. Di buku tersebut, Ibnu Bajah membahas tentang dorongan pertama hewan, yaitu daya instink dan dorongan pertama manusia, yaitu bahasa yang menjadi dasar berpikir.

(Sumber: M. Utsman Najati. (2002). Jiwa dalam Pandangan Para Filosof Muslim).


[1] Jamaluddin al-Qafthi, h. 159.

[2] Ibnu Abu Ushaibiah, h. 516-517.

[3] Muhammad Shaghir Hasan al-Ma’shumi, op.cit., h. 4.

[4] Ibid., h. 5; Lihat juga, Ibnu Thufail, Hayy bin Yaqzhan, op.cit., h. 112.

[5] Lihat, ibid.

Satu Tanggapan to “Karya-karya Ibnu Bajah”

  1. you are a great writer, i hope someday i will write as well as you do. lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: