Korelasi dan Asosiasi


Korelasi adalah ukuran hubungan (relationship) antara dua variabel, terutama untuk variabel kuantitatif. Ukuran hubungan antara dua variabel kualitatif biasa disebut asosiasi.

  • Untuk skala interval dan skala ratio dapat digunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment.
  • Untuk skala ordinal tersedia korelasi peringkat Spearman (Spearman’s rank correlation), Goodman-Kruskal’s Gamma, Kendall’s tau-b & Kendall’s tau-c dan Somers’d.
  • Untuk skala nominal tersedia koefisien Phi, Cramer’s V, Contingency coefficient, dan Lambda.
  • Untuk skala nominal dan interval tersedia koefisien Eta yang mengukur hubungan variabel berskala nominal dan variabel berskala interval.

 

Menghitung Korelasi Pearson Product Moment

Digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan linier antara dua variabel kontinu (mempunyai skala interval atau ratio).

Contoh: Suatu komisi pengadaan textbook suatu perguruan tinggi mengamati hubungan antara jumlah halaman textbook dan harga textbook tersebut. Dari sampel acak 8 textbook yang berbeda didapat sebagai berikut:

Textbook

A

B

C

D

E

F

G

H

Jumlah halaman

400

600

500

600

400

300

200

550

Harga (US$)

40

65

60

78

55

45

25

70

Hitung korelasi Pearson Product Moment antara Jumlah Halaman Textbook dan Harga Textbook dan tentukan apakah korelasi tersebut signifikan. Gunakan α = 0,01.

 

Solusi:

Hipotesis statistik:

Ho : r = 0

Ha : r ≠ 0

Hipotesis bentuk kalimat:

Ho : Tidak ada hubungan yang signifikan antara jumlah halaman dengan harga textbook.

Ha : Ada hubungan yang signifikan antara jumlah halaman dengan harga textbook.

Kaidah keputusan:

0,01 < Sig, maka Ho diterima

0,01 > Sig, maka Ho ditolak

 

Prosedur SPSS:

  1. Pada lembar variabel view ketikan variabel Jumlah Halaman dan variabel Harga.
  2. Pada data view masukkan data Jumlah Halaman dan Harga.
  3. Klik AnalyzeCorrelateBivariate.
  4. Pindahkan variabel Jumlah Halaman dan variabel Harga Textbook ke dalam kotak Variables. Klik Correlation Coefficients Pearson.
  5. Klik Ok.

 

Interpretasi Hasil:

Correlations

Jumlah Halaman

Harga Textbook

Jumlah Halaman

Pearson Correlation

1

.934**

Sig. (2-tailed)

.001

N

8

8

Harga Textbook

Pearson Correlation

.934**

1

Sig. (2-tailed)

.001

N

8

8

**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed).

Dari tabel Correlation terlihat bahwa r = 0,934 dan Sig = 0,001. Karena 0,01 > Sig(0,001), maka Ho yang menyatakan r = 0 ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara jumlah halaman dengan harga textbook.

 

Menghitung Korelasi Peringkat Spearman

Digunakan untuk mengukur hubungan antara dua variabel di mana kedua variabel berbentuk peringkat (rank) atau kedua variabel berskala ordinal.

Contoh: Dua panel, yang satu seluruhnya terdiri dari pria dan yang satu lagi seluruhnya terdiri dari perempuan diminta oleh consumer-testing agency untuk menentukan peringkat (rank) delapan macam minuman cola berdasarkan rasanya. Peringkat 1 diberikan pada minuman cola paling enak dan peringkat 8 diberikan pada minuman cola paling tidak enak.

Merek Minuman Cola

Panel Pria

Panel Perempuan

Glatz Cola

Bluebell Cola

Sentul Cola

Coca Cola

Pearl Cola

Red Cola

Boca Cola

Krolla Cola

8

6

2

1

3

4

5

7

7

5

4

2

1

3

6

8

Apakah ada hubungan antara peringkat rasa minuman cola dari panel pria  dan peringkat rasa minuman cola dari panel perempuan? Apakah hubungan tersebut signifikan? Gunakan α = 0,05.

 

Solusi:

Hipotesis statistik:

Ho : r = 0

Ha : r ≠ 0

Hipotesis bentuk kalimat:

Ho : Tidak ada hubungan yang signifikan antara peringkat rasa minuman cola pria dengan wanita.

Ha : Ada hubungan yang signifikan antara peringkat rasa minuman cola pria dengan wanita.

Kaidah keputusan:

0,01 < Sig, maka Ho diterima

0,01 > Sig, maka Ho ditolak

 

Prosedur SPSS:

  1. Pada lembar variabel view ketikan variabel Panel Pria dan variabel Panel Perempuan.
  2. Pada data view masukkan data Panel Pria dan Panel Perempuan.
  3. Klik AnalyzeCorrelateBivariate.
  4. Pindahkan variabel Panel Pria dan variabel Panel Perempuan ke dalam kotak Variables. Klik Correlation Coefficients Spearman.
  5. Klik Ok.

 

Interpretasi Hasil:

Correlations

Panel Pria

Panel Perempuan

Spearman’s rho

Panel Pria

Correlation Coefficient

1.000

.833*

Sig. (2-tailed)

.

.010

N

8

8

Panel Perempuan

Correlation Coefficient

.833*

1.000

Sig. (2-tailed)

.010

.

N

8

8

*. Correlation is significant at the 0.05 level (2-tailed).

Dari tabel Correlation terlihat bahwa r = 0,833 dan Sig = 0,010. Karena 0,05 > Sig(0,010), maka Ho yang menyatakan r = 0 ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara peringkat rasa minuman cola pria dengan wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: