Evaluasi Pendidikan


Penulis        :    Drs. Wayan Nirkancana

Drs. P.P.N. Sumartana

Penerbit      :    Usaha Nasional

Tahun         :    1986

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar–i

Pengantar Penerbit–ii

Daftar Isi–iii

 

PENDAHULUAN–1

  1. Pengertian Evaluasi–1
  2. Fungsi Evaluasi dalam Pendidikan–3
  3. Prosedure Evaluasi–6
  4. Ruang Lingkup Evaluasi–12

BAB I        PERENCANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR–13

  1. Perencanaan Umum–14
  2. Persiapan Khusus–18

BAB II       METODE PENILAIAN HASIL BELAJAR–24

  1. Tes–25
  2. Observasi–46

BAB III     PEMILIHAN ATAU PENYUSUNAN TES HASIL BELAJAR–51

  1. Menyusun Lay Out–52
  2. Menulis Soal–54
  3. Menata Soal–55
  4. Menetapkan Skor–56
  5. Reproduksi Tes–56
  6. Analisa Empiris terhadap Suatu Tes Hasil Belajar–56

BAB IV     LANGKAH PENGUMPULAN DATA HASIL BELAJAR–58

  1. Pelaksanaan Tes Tertulis–58
  2. Pelaksanaan Tes Lisan–60
  3. Memberi Skor Tes Obyektif–61
  4. Memberi Skor Tes Essay–68

BAB V       VERIFIKASI DATA–71

  1. Tanda-Tanda Kesesatan–72
  2. Kemungkinan Sumber-Sumber Kesesatan–73
  3. Prosedure Verifikasi–74

BAB VI     ANALISA HASIL TES HASIL BELAJAR–76

  1. Mengubah Skor Mentah Menjadi Skor Standar–76
  2. Penyusunan Kategori Kesalahan–101
  3. Membuat Profil–106
  4. Mencari Indek Prestasi Kelompok–110
  5. Mencari Koefisien Variasi–111

BAB VII    PENAFSIRAN DAN PENGGUNAAN HASIL TES–113

  1. Penafsiran Individual–113
  2. Penafsiran Klasikal–116
  3. Penggunaan Hasil-Hasil Tes–121

BAB VIII  MENILAI KUALITAS TES–127

  1. Validitas Suatu Tes–127
  2. Reliabilitas Suatu Tes–131
  3. Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Suatu Tes–134

TAMBAHAN STATISTIK ELEMENTER–145

  1. Distribusi Frekuensi–145
  2. Menghitung Angka Rata-Rata atau Mean [M] –151
  3. Mencari Standar Deviasi [SD] –154
  4. Cara Lain untuk Mencari Mean dan Standar Deviasi–157
  5. Teknik Korelasi–160

BAB IX     MENILAI INTELIGENSI ATAU BAKAT SEKOLAH–175

  1. Definisi Inteligensi–175
  2. Teori-Teori Inteligensi–176
  3. Sejarah Pengukuran Inteligensi–179
  4. Methode Pengukuran Inteligensi–184
  5. Tes Binet-Simon–185
  6. Tes Wechsler–189
  7. Tes Army Alpa dan Army Beta–192
  8. Tes Menggambar Orang–194
  9. Tes Labirin–195
  10. Tes Progresive Matrices–195
  11. Perbandingan antara tes Hasil Belajar dengan Tes Bakat Akademis–198
  12. Validitas dan Reliabilitas Tes Inteligensi–200
  13. Penggunaan Tes Inteligensi–200

BAB X       MENILAI BAKAT-BAKAT KHUSUS–204

  1. Pengertian Bakat [Attitude] –204
  2. Methode Penilaian–205
  3. Analisa Tes Bakat–216

BAB XI     MENILAI KESIAPAN BELAJAR–221

  1. Pengertian Kesiapan Belajar–221
  2. Methode Penilaian Terhadap Kesiapan Belajar–222
  3. Penggunaan Hasil Tes Kesiapan Belajar–227

BAB XII    MENILAI MINAT–229

  1. Pengertian dan Pentingnya Minat–229
  2. Pentingnya Pengukuran Minat–230
  3. Methode Pengukuran Minat–232

BAB XIII  MENILAI PENYESUAIAN SOAL–243

  1. Konsepsi dan Definisi tentang Penyesuaian Sosial–244
  2. Kesukaran-Kesukaran dalam Pengukuran Penyesuaian Sosial–246
  3. Beberapa Methode untuk Menilai Penyesuaian Sosial–247

BAB XIV  MENILAI SIKAP–275

  1. Pengertian Sikap–275
  2. Methode Pengukuran Sikap–276

BAB XV    MENILAI KEPRIBADIAN–296

  1. Arti Kepribadian–296
  2. Methode Penilaian Kepribadian–299

LAMPIRAN-LAMPIRAN–333

Lampiran I–333

Lampiran II–334

KEPUSTAKAAN–335

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: