Senyawa Karbon dan Polimer


  • Kimia karbon adalah senyawa yang mengadnung atom karbon. Senyawa karbon sederhana adalah hidrokarbon, yaitu senyawa yang tersusun atas hidrogen dan karbon. Hidrokarbon dibagi ke dalam alkana, alkena, alkuna, dan hidrokarbon aromatik. Alkana hanya mempunyai ikatan tunggal, alkena memiliki satu atau lebih ikatan rangkap dua karbon-karbon, alkuna memiliki satu atau lebih ikatan rangkap tiga karbon-karbon, hidrokarbon aromatik mempunyai cincin dengan elektron terdelokalisasi.
  • Alkana disebut juga hidrokarbon jenuh, tidak reaktif dan cenderung melangsungkan reaksi pembakaran dan reaksi substitusi. Alkena dan alkuna, disebut juga hidrokarbon tidak jenuh, dapat melangsungkan reaksi yang sama dengan alkana, juga reaksi adisi, dimana molekul kecil seperti H2, Cl2, Br2, HCl dan H2O ditambahkan kepada ikatan rangkap dua atau rangkap tiga karbon-karbon.
  • Metana adalah alkana paling sederhana, dan tiga deret berikutnya adalah etana, propana, dan butana. Pada hidrokarbon jenuh, tiap atom karbon mengikat empat atom lain melalui hibridisasi sp3. Alkana mengandung rantai panjang atom karbon disebut normal atau rantai lurus hidrokarbon.
  • Isomerisasi struktural dalam alkana melibatkan pembentukan struktur bercabang. Aturan tertentu untuk nama alkana sistematis menunjukkan titik tempelan gugus substitusi, panjang cabang rantai, dan seterusnya.
  • Hidrokarbon dengan ikatan rangkap dua karbon-karbon dinamakan alkena. alkena paling sederhana dinamakan etena, mengandung hibridisasi sp2 atom karbon. Karena orbital p pada atom karbon dalam etilen membentuk ikatan phi, rotasi bebas dua gugus CH2 tidak terjadi. Keterbatasan ini berarti bahwa terdapat isomeri cis-trans.
  • Alkuna adalah hidrokarbon tidak jenuh dengan ikatan rangkap tiga karbon-karbon. Deret alkuna paling sederana adalah asetilena, mengandung hibrida sp atom karbon. Hidrokarbon tidak jenuh melangsungkan reaksi adisi seperti hidrogenasi dan halogenasi. Molekul etilen dan etilen tersubstitusi dapat melangsungkan polimerisasi.
  • Alkohol mengandung gugus –OH dan cenderung memiliki ikatan hidrogen kuat dalam keadaan cair, baik antar molekul alkohol maupun dengan senyawa polar lainnya.
  • Aldehid dan keton mengandung gugus karbonil: . Dalam aldehid, gugus ini diikat bersama-sama dengan sekurang-kurangnya satu atom hidrogen. Sedangkan pada keton, dihimpit oleh dua atom karbon.
  • Asam karboksilat dikarakterisasi oleh gugus karboksil:
  • Asam karboksilat bereaksi dengan alkohol membentuk ester. Amina dapat dianggap sebagai turunan amonia dengan satu atau lebih ikatan N-H diganti oleh ikatan N-C.
  • Haloalkana adalah senyawa karbon turunan alkana yang mengandung gugus halida. Haloalkana banyak digunakan dalam berbagai terapan seperti obat-obatan, aerosol, dan zat aditif pada makanan atau pestisida.
  • Hidrokarbon aromatis seperti benzen adalah senyawa cincin stabil dengan sistem elektron phi terdelokalisasi. Senyawa aromatis cenderung melakukan reaksi substitusi daripada reaksi adisi. Turunan benzen banyak digunakan dalam plastik, pewarna, bahan sintetik lainnya.
  • Polimer dapat dibentuk melalui polimerisasi adisi dimana monomer ditambahkan bersama melalui mekanisme radikal bebas atau mekanisme ionik. Polimer dapat juga dibentuk melalui polimerisasi kondensasi yang melibatkan penyingkiran molekul kecil seperti air, antara dua monomer membentuk dimer, berlangsung terus membentuk polimer.
  • Terdapat beberapa bentuk polimer, di antaranya polimer linier, polimer bercabang, polimer blok, polimer sambung-silang, dan kopolimer. Polimer-polimer ini bergantung pada susunan monomer dalam rantai polimer.

(Sumber: Yayan Sunarya. (2003). Kimia Dasar: Prinsip-prinsip Kimia Terkini Jilid 2.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: