Hukum Perbandingan Volume dan Hipotesis Avogadro


Salah satu aspek penting dari reaksi kimia adalah hubungan kuantitatif antara zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia, baik sebagai pereaksi maupun sebagai hasil reaksi. Bidang kajian dalam kimia yang menyangkut hubungan kuantitatif zat-zat yang terlibat dalam reaksi dinamakan “stoikiometri”. Dengan asas-asas stoikiometri kita dapat menghitungmassaatau volum pereaksi yang diperlukan untuk memperoleh sejumlahmassaatau volum hasil reaksi yang dikehendaki. Pengetahuan ini penting artinya dalam industri kimia yang selalu harus memperhitungkan banyaknya bahanbakuyang diperlukan untuk menghasilkan sejumlah produk yang dikehendaki.

Pada bab ini diuraikan asas-asas stoikiometri, dengan terlebih dahulu diketengahkan konsep-konsep dasar yang melandasinya. Pertama-tama diuraikan mengenai hukum perbandingan volum dan hipotesis Avogadro, pengertianmassaatom relatif danmassamolekul relatif, konsep mol dan tetapan Avogadro. Setelah itu, diuraikan berbagai aspek perhitungan kimia sebagai inti bab ini.

 

A.     Hukum Perbandingan Volum dan Hipotesis Avogadro

Pada awal abad ke-19, banyak penelitian dilakukan terhadap sifat gas. Salah seorang peneliti sifat gas adalah ahli kimia bangsa Perancis yang bernama Joseph Louis Gay Lussac (1778-1850). Pada tahun 1808, ia melakukan serangkaian percobaan untuk mengukur volum gas-gas yang bereaksi. Disimpulkannya bahwa pada temperatur dan tekanan sama, perbandingan volum gas-gas yang beeraksi dan volum gas hasil reaksi merupakan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Temuan Gay Lussac itu kimia dikenal sebagai Hukum Perbandingan Volum.

Sebagai contoh, bila gas hidrogen direaksikan dengan gas oksigen untuk membentuk uap air, dua volum gas hidrogen bereaksi sempurna dengan satu volum gas oksigen menghasilkan dua volum uap air (Gambar 3.1).

 

Gambar 3.1 Reaksi pembentukan uap air

          Demikian pula pada reaksi antara gas hidrogen dan gas klor membentuk gas hidrogen klorida. Satu volum gas hidrogen bereaksi sempurna dengan satu volum gas klor membentuk dua volum gas hidrogen klorida (Gambar 3.2).

 

Gambar 3.2 Reaksi pembentukan hidrogen klorida

          Mengapa pada tekanan dan temperatur sama perbandingan volum gas yang bereaksi dan hasil reaksi merupakan perbandingan bilangan bulat dan sederhana? Untuk beberapa waktu hukum ini tidak dapat dijelaskan oleh para ahli kimia, termasuk Gay Lussac sendiri. Masalah ini baru terpecahkan oleh seorang ahli fisika Italia yang bernama Amadeo Avogadro pada tahun 1811. Untuk menjelaskan hukum perbandingan volum, Avogadro mengajukan hipotesisnya (sekarang disebut teori Avogadro) yang berbunyi: Pada temperatur dan tekanan sama, volum yang sama gas-gas mengandung jumlah molekul yang sama pula.

Perbandingan volum gas hidrogen, gas oksigen, dan upa air adalah 2:1:2 sesuai dengan teori Avogadro mesti terjadi karena perbandingan jumlah molekul hidrogen, oksigen, dan air pada reaksi pembentukan air juga 2:1:2. Selanjutnya, karena jumlah atom tiap unsur tidak boleh berkurang atau bertambah dalam reaksi kimia, maka molekul hidrogen dan molekul oksigen harus merupakan molekul dwiatom, sedangkan molekul air harus merupakan molekul triatom yang terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Dengan begitu rumus molekul hidrogen dapat ditulis sebagai H2 dan rumus molekul oksigen dapat ditulis sebagai O2, sedangkan rumus molekul air dapat ditulis sebagai H2O. Secara diagram hubungan antara perbandingan volum, perbandingan jumlah molekul, serta rumus molekul gas-gas yang bereaksi dan hasil reaksi diperlihatkan pada Gambar 3.3.

 

Gambar 3.3 Pembentukan dua molekul uap air dari reaksi antara dua molekul gas hidrogen dan satu molekul gas oksigen

            Perlu diperhatikan bahwa perbandingan volum gas pereaksi dan hasil reaksi merupakan pula perbandingan koefisien-koefisien zat pada persamaan reaksi setara untuk reaksi gas itu.

(Sumber: Benny Karya, Kimia 1).

Iklan

2 Tanggapan to “Hukum Perbandingan Volume dan Hipotesis Avogadro”

  1. Sangat bermanfaat sekali materi hukum avogadro ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: