Sang pencari menemukan kebahagiaan


Pertumbuhan ruhani

Ketika terbangun di pagi hari, kita terjaga dari kedalaman tidur kepada kesadaran lingkungan. Kita mungkin melirik jam untuk menentukan waktu dan membaca surat kabar untuk mempelajari peristiwa terkini. Ketika berpakaian dan bersiap untuk pindah ke aktivitas sehari-hari, mungkin memiliki kesadaran sesaat mengenai kehadiran pribadi kita. Singkatnya, dapat disimpulkan sebuah petualangan yang telah jutaan tahun: kebangkitan dari ketidaksadaran!

Dalam What We May Be, Piero Ferrucci menulis: “Justru kesadaran diri yang memungkinkan kita mengalami kesendirian dan cinta untuk bertanggung jawab kepada manusia lain. Menyadari terhadap masa lalu dan masa depan, terhadap hidup dan mati, terhadap nilai, terhadap rencana ke depan, sadar terhadap evolusi dan mungkin untuk memengaruhinya”[1]. Dengan berkesadaran ini, apa langkah berikutnya? Apakah ada kemungkinan untuk pertumbuhan spiritual yang dapat bergerak lebih dekat menuju pemahaman kekuatan tujuan dan menemukan tujuan pribadi dalam hidup? Apakah mungkin membuat penggunaan dan manfaat terbaik dari situasi kita sekarang? Apakah kita yang paling produktif mengekspresikan energi kreatif?

Menjaga dan membuka pikiran

Salah satu langkah awal yang sangat penting, yaitu pikiran perlu terbuka sebelum mengembangkan spektrum kesadaran spiritual. Apa maknanya? Kesadaran ruhani adalah pembahasan yang luas. Kesadaran ini seperti pedang yang memotong daun dan menjadi ternoda oleh getahnya, namun pedang itu sendiri tidak berubah. Seperti sungai megah yang melalui lembah berasal dari sumbernya. “Sungai kesadaran” mengalir dari sumber kesadaran Sang Pencipta yang berada di luar semua ciptaan.

Pengembangan kesadaran spiritual

Mengembangkan kesadaran spiritual dapat terjadi dengan mengarahkan proses pemikiran dalam cara-cara positif untuk mencapai yang lebih baik dan menghasilkan penyelarasan dengan sumber kreatif. Kecenderungan pemikiran manusia dan kesadaran dapat berubah. Dengan demikian, menjaga titik bias, terbuka, dan tak berprasangka yang tidak baik bisa menjadi langkah besar dalam pertumbuhan. Dan harus diingat, orang lain mungkin berpikir berbeda dari cara Anda berpikir, tidak selalu berarti bahwa baik adalah “benar” atau “salah”. Dengar, belajar, dan lepaskan ego Anda sejenak. Musuh terbesar seringkali diri kita sendiri! Bertahanlah untuk sebuah penyelesaian mental supaya Anda dapat menjadi orang yang paling bermanfaat dan produktif!

Anugerah ruhani

Temukanlah anugerah ruh dalam diri Anda. Gunakanlah untuk memperkuat otot-otot ruhani Anda. Perintahkanlah otot ini untuk bekerja. Ruhani dapat terjaga dan dikembangkan untuk tingkat yang lebih besar dari yang Anda bayangkan. Sebuah orientasi kesadaran ruhani mencakup bidang kegiatan yang luas. Hal ini memiliki kapasitas dalam berekspresi untuk mempengaruhi banyak pikiran individu. Dapatkah sains memelajari tentang kesadaran? Mampukah kesadaran manusia memelajari kesadarannya sendiri? Apakah ini menjadi kawasan yang bermanfaat bagi investigasi untuk evolusi manusia lebih lanjut? Untuk menjadi spiritualis tidak berarti menjadi malaikat dengan memiliki sayap, tetapi menjadi sesuatu yang jauh lebih besar—keterhubungan jiwa dengan keilahian yang tak terbatas!

Salah satu cara paling mungkin dan sederhana untuk memulai spiritualisasi kesadaran adalah melalui kegiatan doa. Doa memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, kita sering membuat keputusan yang lebih baik dan menjadi lebih produktif dalam cara-cara yang menguntungkan. Anda juga dapat menjadi semakin introspektif, karena pemahaman dan pengampunan akan datang lebih mudah.

Setiap memasuki pengalaman hidup dengan gudang besar berupa harta ruhani, beberapa di antaranya mungkin terletak tepat di luar kesadaran kita. Dengan penelitian yang seksama, dapatkah atribut-atribut ruhani ini ditingkatkan sehingga mengarah ke percepatan perkembangan ruhani semua umat manusia? Dapatkah Anda melihat bagaimana peningkatan anugerah ruhani dapat berkontribusi dalam menggerakkan semuanya menuju tujuan kita?

Menemukan kebahagiaan

Mencari kebahagiaan dalam hidup dapat mendorong pertumbuhan ruhani. Kebahagiaan yang khusus ini akan terus berirama dan berubah sedangkan intinya tetap tidak berubah. Hal ini berakar pada tujuan ilahi! Kebahagiaan dapat bercahaya melalui kita seperti bintang-bintang berkilauan di langit! Kebahagiaan ibarat kebun berbunga yang berkualitas. Apakah kualitas cinta tak terbatas, kegembiraan, damai sejahtera, kasih sayang, dan tujuan mulia yang dapat tumbuh di taman hati manusia hanya mencerminkan keindahan dan kemuliaan Sang Pencipta? Kebahagiaan dapat memberikan jaminan. Hal ini dapat berfungsi sebagai agen penyembuhan. Kebahagiaan adalah timbal balik. Kita sering merasakan dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain, dan kembali lagi kepada kita dalam kelimpahan. Kebahagiaan terletak dalam kekuatan kita untuk mengungkapkannya, karena tidak ada orang, kondisi, keadaan, atau pengaruh luar yang benar-benar dapat memisahkan dari energinya, atau mencegah kita dari berbagi kebahagiaan dengan orang lain.


[1] Piero Ferrucci, What We May Be (Los Angeles: J.P.Tarcher, 1982), hal 60.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: