Uji t Dua Sampel Independen Satu Sisi untuk Sisi Atas


Uji-t Dua Sampel Independen digunakan untuk membandingkan selisih dua mean dari dua sampel yang independen dengan asumsi data terdistribusi normal.

Ada tiga bentuk hipotesis untuk uji t:

1.  Bentuk uji hipotesis satu sisi (one-tailed test) untuk sisi bawah (lower tailed), dengan hipotesis:

Ho : μ1 > μ2

Ha : μ1 < μ2

2.  Bentuk uji hipotesis satu sisi (one-tailed test) untuk sisi atas (upper tailed), dengan hipotesis:

Ho : μ1 < μ2

Ha : μ1 > μ2

3.  Bentuk uji hipotesis dua sisi (two-tailed test), dengan hipotesis:

Ho : μ1 = μ2

Ha : μ1 ≠ μ2

Kriteria pengujian:

Jika P-value < α, maka Ho ditolak

Jika P-value > α, maka Ho tidak dapat ditolak

 

Uji t Dua Sampel Independen Satu Sisi untuk Sisi Atas

Contoh:

Seorang pendidikn percaya bahwa directed reading activities di dalam kelas akan membantu murid-murid SD memperbaiki beberapa aspek kemampuan membaca. Untuk menguji hipotesis ini, 21 murid SD kelas 3 yang berpartisipasi dalam directed reading activities selama 8 minggu dibandingkan dengan 23 murid SD kelas 3 yang tidak berpartisipasi dalam directed reading activities. Kemudian murid-murid SD dari kedua kelompok tersebut diuji dengan Degree of Reading Power (DRP) test, yang mengukur aspek-aspek kemampuan membaca. Data yang didapat adalah sebagai berikut:

Skor DRP Murid kelas 3 yang berpartisipasi dalam directed reading activities

Skor DRP Murid kelas 3 yang tidak berpartisipasi dalam directed reading activities

24

43

58

71

43

49

61

44

67

49

53

56

59

52

62

54

57

33

46

43

57

42

43

55

26

62

37

33

41

19

54

20

85

46

10

17

60

53

42

37

42

55

28

48

Apakah directed reading activities di dalam kelas memperbaiki beberapa aspek kemampuan membaca (gunakan α = 0,05).

Dalam contoh ini kita ingin menguji bahwa mean skor DRP dari populasi murid-murid yang berpartisipasi dalam directed reading activities akan lebih baik atau lebih besar nilainya dibandingkan skor mean DRP dari populasi murid-murid yang tidak berpartisipasi dalam directed reading activities dengan hipotesis sebagai berikut:

Ho : μ1 < μ2

Ha : μ1 > μ2

di mana:

μ1 = mean skor DRP dari populasi murid-murid yang berpartisipasi dalam directed reading activities.

μ2 = mean skor DRP dari populasi murid-murid yang tidak berpartisipasi dalam directed reading activities.

 

Interpretasi Hasil SPSS

Group Statistics

group

N

Mean

Std. Deviation

Std. Error Mean

Skor DRP

treatmen

21

51.48

11.007

2.402

kontrol

23

41.52

17.149

3.576

Independent Samples Test

Levene’s Test for Equality of Variances

t-test for Equality of Means

F

Sig.

t

df

Sig. (2-tailed)

Mean Difference

Std. Error Difference

95% Confidence Interval of the Difference

Lower

Upper

Skor DRP

Equal variances assumed

2.362

.132

2.267

42

.029

9.954

4.392

1.091

18.818

Equal variances not assumed

2.311

37.855

.026

9.954

4.308

1.233

18.676

  • Untuk Uji-t dua sampel independen, SPSS juga melakukan uji hipotesis Levene’s Test untuk mengetahui apakah asumsi kedua variance sama besar terpenuhi atau tidak terpenuhi dengan hipotesis: Ho : σ12 = σ22 terhadap Ha : σ12 ≠ σ22 di mana σ12 = variance group 1 dan σ22 = variance group 2. Dari hasil Levene’s Test didapat p-value = 0,132 lebih besar dari α = 0,05 sehingga Ho : σ12 = σ22 diterima. Dengan kata lain asumsi kedua varians sama besar (equal variances assumed) terpenuhi.
  • Karena hasil Levene’s Test di atas menyatakan bahwa asumsi kedua varians sama besar terpenuhi; maka kita menggunakan hasil uji-t dua sampel independen dengan asumsi kedua varians sama untuk hipotesis Ho : μ1 < μ2 terhadap Ha : μ1 > μ2 yang memberikan nilai t = 2,267 dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 21 + 23 – 2 = 42 dan p-value (2-tailed) = 0,029. Karena kita melakukan uji hipotesis satu sisi (one tailed) Ha : μ1 > μ2, maka nilai p-value (2-tailed) harus dibagi dua menjadi  = 0,0145. Karena p-value = 0,0145 lebih kecil dari α = 0,05, maka Ho : μ1 < μ2 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mean skor murid SD yang berpartisipasi dalam directed reading activities lebih baik dibandingkan mean skor murid SD yang tidak berpartisipasi dalam directed reading activities.
About these ads

Satu Tanggapan to “Uji t Dua Sampel Independen Satu Sisi untuk Sisi Atas”

  1. Tulisan ini sgt bermanfaat sekali,
    tapi maaf saya ingin bertanya Karena hasil Levene’s Test spss saya menggunakan equal variances not assumed uji hipotesisnya apakah sama Ho : μ1 μ2 ? mohon balasannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.499 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: