Mengakui keberadaan Tuhan


Apa pentingnya pengakuan kehadiran Tuhan dalam diri dan lingkungan kita? Mungkin titik awal yang efektif untuk penelitian spiritual adalah mengenai kesadaran bahwa keberadaan alam semesta—dan partisipasi manusia di dalamnya—bukan tercipta secara serampangan. Adanya kecerdasan yang tidak terbatas tercermin di dalam segala sesuatu di alam semesta. Setidaknya, ini menjadi pemahaman awal dari perspektif makhluk yang terbatas di alam semesta yang tak terbatas dan kompleksitas! Banyak bukti-bukti yang menyatakan bahwa “makna yang dalam” terdapat di dalam hukum dan proses alam.

 

Kompleksitas hidup yang luar biasa menghadirkan bahasan ilmiah tentang adanya kreativitas mengagumkan dan hubungan semua makhluk hidup. Proses penciptaan berasal dan dihasilkan dari inovasi dan waktu yang luar biasa sehingga meminimalisir faktor “kebetulan”. Bisakah aktivitas apapun menjadi relevan dengan kehidupan batin kita sehingga memudahkan penelitian kehadiran Tuhan dalam setiap orang dan setiap hal? Oleh karena kehadiran Tuhan merupakan misteri terbesar kehidupan, maka diperlukan sikap rendah hati ketika mau memulainya.

 

Tulisan-tulisan Kuno mengenai spiritual menunjukkan bahwa tujuan kita di Bumi muncul dari tingkat terbawah menuju tingkat yang lebih tinggi seiring dengan berkembangnya kesadaran. Apakah ide ini berarti bahwa setiap pengalaman yang diberikan oleh kehidupan dapat berfungsi sebagai kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran? Apakah evolusi merupakan suatu proses penemuan kesadaran bahwa segala sesuatu adalah bagian dari Sang Pencipta?

About these ads

2 Tanggapan to “Mengakui keberadaan Tuhan”

  1. Tuhan memang ada, kalo g ada terus siapa yang menciptakan makhluk?

  2. menurut orang yang beriman memang begitu mas, tetapi sebagian orang memiliki pendapat lain, bahwa makhluk-makhluk tercipta secara kebetulan setelah alam semesta berevolusi dalam rentang waktu yang teramat lama.

    kalo tidak keberatan, boleh dibaca di:

    http://isepmalik.wordpress.com/2010/12/01/melemparkan-batu-kepada-tuhan/

    dan

    http://isepmalik.wordpress.com/2010/12/09/apakah-ilmu-pengetahuan-itu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.498 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: